Rabu, 26 Desember 2012

MANAJEMEN MUTU TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN MADRASAH

 Disampaikan Oleha : Prof. Dr. Dedi Mulyasana, M.Pd.
Guru Besar Manajemen Pendidikan

Manajemen Mutu
Manajemen mutu adalah sistem kelola suatu produk yang berorientasi pada tuntutan perubahan serta kebutuhan dan kemampuan pelanggan yang dilakukan dengan sistem kontrol dan perbaikan secara terus meneru guna menghasilkan mutu untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan/ pengguna jasa pendidikan.

Manajemen Mutu Terpadu
  • Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) menekankan pada kepuasan Pengguna Jasa pendidikan dengan memberikan pemenuhan kebutuhan, minat, kemampuan, kepentingan, dan harapan para pengguna jasa pendidikan.
  • Total Quality Management dalam pendidikan diarahkan pada pencapaian titik kesempurnaan mutu guna menciptakan nilai tambah, keuntungan dan daya saing.
  • Tugas institusi pendidikan adalah memperjuangkan, mempertahankan dan mendistribusikan kepuasan bagi para pengguna jasa pendidikan
  • Oleh karena perlu perbaikan dan aktualisasi secara terus menerus atas layanan dan kepuasan atas proses dan produk pendidikan.
Pengguna Jasa Pendidikan
  1. Orang yang paling pentinga dalam penyelenggaraan pendidikan.
  2. Mereka banyak memberikan harapan baik pada kita.
  3. Mereka bisa memilih kita namun kita tidak bisa memilih mereka.
  4. Mereka adalah bagian terpenting dari kita dibanding semua daya dukung yang ada.
  5. Mereka tidak sekedar statistik, tapi punya harapan, perasaan dan harga diri.
  6. Mereka adalah orang yang harus dilayani bukan yang harus melayani kita.

NILAI PELANGGAN

Nilai Pelanggan (Customer Value) adalah sebagai hasil penjumlahan dari manfaat yang diperoleh dan pengorbanan yang diberikan yang hasilnya sebagai konsekuensinya adalah pelanggan menggunakan produk atau jasa pelayanan untuk memenuhi kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar